Manfaat Tersembunyi Dari Kacang Hijau

Ada beberapa manfaat dan kelebihan kacang hijau, mulai dari harganya, yang relatif murah untuk diolah menjadi berbagai makanan dan minuman yang lezat. Selain itu, kacang hijau juga bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan dan meningkatkan kesehatan tubuh.
Manfaat Tersembunyi Dari Kacang Hijau

Kacang hijau adalah jenis kacang yang merupakan sumber protein yang sangat baik, rendah lemak dan tinggi serat dan antioksidan. Kacang hijau juga mengandung kalsium, zat besi, seng, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B, asam folat, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Mangan, selenium, magnesium, dan karbohidrat adalah nutrisi lain dalam kacang hijau. yang tentu saja membawa banyak manfaat bagi tubuh.


Manfaat kacang hijau bagi tubuh

Berikut ini menjelaskan berbagai manfaat kacang hijau yang diabaikan.

  • Pengurangan risiko kehamilan yang terganggu

Folat dalam kacang hijau cukup tinggi. Oleh karena itu kacang hijau dianggap baik untuk wanita yang berencana hamil atau sedang hamil. Dengan pemberian asam folat yang memadai selama kehamilan, bayi dapat dilindungi dari kelahiran prematur, keguguran, kelahiran dengan berat badan rendah, dan kelahiran dengan gangguan neurologis dan serebral (cacat tabung saraf).
  • Mempromosikan pencernaan dan mengurangi risiko penyakit jantung

Kacang hijau mengandung serat dan pati untuk membantu pencernaan dan juga membantu memelihara bakteri baik di saluran pencernaan. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa kacang hijau juga membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Diyakini bahwa ini terkait dengan kandungan antioksidan dan nutrisi penting di dalamnya yang memiliki sifat antiinflamasi.
  • Membantu menjaga berat badan

Kacang hijau memiliki keunggulan karena bisa mengendalikan nafsu makan dan menjaga berat badan. Semua ini tercapai karena kandungan serat dan protein kacang hijau membuat Anda lebih cepat kenyang dan lebih lama, sehingga kebiasaan makan menjadi teratur dan mengurangi kelebihan berat badan.
  • Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat kacang hijau lainnya adalah rendah lemak. Dalam 100 g kacang hijau, setidaknya ada 347 kalori energi dan 1,15 g lemak. Dengan serat dan antioksidan fitosterol yang relatif rendah lemak dan tinggi, konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu orang dengan kadar kolesterol tinggi secara alami menurunkan kadar kolesterol mereka.
  • Sumber karbohidrat dan serat yang baik untuk tubuh

Siapa bilang kita tidak butuh karbohidrat? Meski sering dihindari oleh mereka yang menurunkan berat badan, ternyata karbohidrat itu penting untuk fungsi dan kesehatan tubuh. Kacang hijau adalah salah satu sumber karbohidrat yang baik karena mereka adalah berbagai jenis karbohidrat kompleks yang lebih baik untuk kesehatan Anda.
  • Pengurangan risiko osteoporosis

Kacang hijau adalah anggota keluarga kacang-kacangan dalam keluarga besar kacang-kacangan yang mengandung magnesium dalam jumlah kecil. Dalam 100 g kacang hijau, tubuh membutuhkan setidaknya 189 miligram magnesium untuk mencegah kekurangan magnesium. Dengan mengonsumsi magnesium yang cukup, Anda dapat mengurangi risiko osteoporosis.


Menurut penelitian, meningkatkan asupan magnesium dari makanan atau suplemen dapat meningkatkan kepadatan tulang pada wanita dan orang tua setelah menopause. Juga diyakini bahwa magnesium mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, hipertensi, dan migrain.

Murah, mudah ditemukan dan dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Manfaat kacang hijau yang berbeda memiliki nutrisi penting. Karena itu, mulailah memasukkan kacang hijau dalam diet harian Anda. Tapi ingat, batasi penambahan gula untuk itu.